Thursday, March 26, 2015

Hachiko: A Dog’s Tale (2009) US Version

0

Salam manis buat yang baca.


Bercerita tentang seekor anjing bernama Hachiko, biasa dipanggil Hachi, yang setia banget kepada tuannya Profesor Wilson. Tiap hari main bareng, sampai nganterin tuannya berangkat kerja sampai stasiun. Pas pulang juga Hachi jemput Profesor Wilson di stasiun. Pas tuannya wafat, saking setianya, sampai-sampai Hachi rela menunggu di stasiun sampai 10 tahun.

Hachiko: A Dog’s Tale (2009) US Version


Filmnya lumayan sedih, mengangkat tema keloyalan binatang peliharaan terhadap tuannya. Ngenes banget anjingnya, ditinggal mati sama tuannya. Saya jadi ingat lagu Wali yang judulnya “Jomblo Ditinggal Mati (JODI)”, kurang lebih bisa ditafsirkan gambaran film ini dari lagu Wali tersebut. Yang bikin haru yaitu Hachi-nya ngarep banget bisa ketemu Profesor Wilson lagi, padahal sudah mati. Harusnya sebagai anjing dia tahu dong?

Dasar anjing.

Dari film ini, saya jadi meliat jikalau Hachi adalah binatang paling sabar di dunia. Dia bisa melakukan pekerjaan yang paling dibenci oleh saya, yaitu menunggu. Sepuluh tahun menunggu. Hebatnya dia menunggu yang tidak pasti. Saya menunggu yang pasti-pasti juga satu menit udah gak kuat. Seperti kejadiannya begini, “Bu, gimana, jadi gak nih dibuatin mie gorengnya?”

Ibu jawab, “Iya bentar, satu menit, Ibu lagi pemanasan dulu takut kram.”

“Kelamaan. Aa bikin sendiri aja.”

***

Look, you don’t have to wait anymore. He’s not coming back.” -Carl, Penjaga Stasiun ke Hachiko

Menurut saya akting anjing yang memerankan Hachi patut diapresiasi. Anjingnya bisa punya mimik wajah yang menunjukkan ekspresi. Harusnya bisa dapat piala Oscar anjingnya, kategori Best Animal Actor. Tapi gak tahu juga jangan-jangan anjingnya itu cuma animasi.


Hollywood juga patut diapresiasi, bagaimana mereka bisa mengangkat cerita yang aslinya dari Jepang. Aslinya cerita Hachiko ini dari Jepang, malahan ada versi film Jepangnya yang lebih dulu dibuat, terus Hollywood buat lagi remake-nya. Mereka gak segan dan gak gengsi untuk mengangkat cerita bagus dari versi lain ke versi mereka yang sama bagusnya. Malahan berkat Hollywood ini, anjing Hachiko jadi lebih terkenal lagi.


Btw, pengin banget punya peliharaan kayak Hachi, nurut banget. Saya punya burung aja dikeluarin dari kandang malah kabur gak betah. Beneran, dulu saya pernah punya burung pleci (burung kacamata) 3 ekor, lepas semua. Yang satu kabur karena saya kelupaan nutup kandang pas habis mandiin, yang dua mungkin ada yang maling, gak tau lepas sendiri. Pas mau dimasukkin ke dalam rumah, tau-tau gak ada aja, tinggal kandangnya doang. Dimanapun kalian berada saya kangen kamu?


Jadi curhat.

Author Image

About Fauzy Husni
Mahasiswa psikologi yang hobi nonton, karena memiliki blog bolehlah disebut blogger. Senang bercerita, menulis tentang apa yang sudah ditontonnya dan apa yang sudah dipelajari di dunia fiksi atau dunia nyata.

No comments:

Post a Comment