Wednesday, August 12, 2020

Arti dan Makna Sic Mundus Creatus Est dari Serial Dark Netflix

3

Serial Dark yang tayang di Netflix adalah serial berbahasa Jerman yang bercerita tentang kasus hilangnya beberapa anak remaja di kota Winden. Setelah bertahun-tahun gagal dipecahkan kepolisian dan warga setempat, malah muncul lagi kasus serupa. 


Bagi yang sudah pernah nonton serial Dark di Netflix, pasti pernah menemukan ungkapan Sic Mundus Creatus Est ketika nonton. Tetapi tak masalah bagi yang kemari adalah orang awam yang bahkan belum nonton serial Dark di Netflix tetapi pengin tahu sebenarnya dari ungkapan Sic Mundus Creatus Est, jadi begini penjelasan tentang arti dan makna Sic Mundus Creatus Est.

 

Arti dan Makna Sic Mundus Creatus Est dari Serial Dark Netflix
 


Apa artinya Sic Mundus Creatus Est?


Sic Mundus Creatus Est” berasal dari ungkapan Bahasa Latin, yang mempunyai arti “Dari sinilah dunia diciptakan” atau “Dari sinilah dunia terbentuk”. 

 

Ungkapan ini asalnya dari Tablet Emerald yang dikenal dengan Tablet Smaragdine (Tabula Smaragdina). Tablet ini kayak kepingan batu besar gitu di zaman dulu abad ke-2 Masehi terdapat di Eropa, yang isinya tulisan-tulisan kebijaksanaan gitu dari Kebudayaan Egyptian-Greek (Hermetica). Makanya tablet ini termasuk kepingan Hermetica, karena medium Hermetica bisa banyak macamnya bisa berbentuk tulisan juga di kertas dan lain-lain. 

 

Arti dan Makna Sic Mundus Creatus Est dari Serial Dark Netflix
Tabula Smaragdina. Sumber Gambar


 

Banyak yang berdebat soal asal mula tablet ini, tetapi Hermes Trismegistus kemudian akhirnya yang mendapat kredit sebagai orang yang menciptakan Tablet Emerald ini.
 

Sesuai dengan tulisan yang terdapat di Tablet Emerald yang sempat diterjemahkan oleh Isaac Newton, konon tablet ini sangat penting dan dijaga banget oleh para alkemis dan filsuf zaman baheula karena memiliki rahasia “prima materia” atau materi pertama.  

 

Prima materia ini adalah bahan untuk membuat batu filsuf yang bisa mengubah segala sesuatu menjadi emas. Emas ini disebut hanya perumpamaan untuk segala penciptaan yang ada di alam semesta, dunia dan segala isinya, bahkan juga.. waktu.


Jadi, dari sinilah dunia diciptakan.
 

Apa Maksud dari Sic Mundus di Serial Dark Netflix? 

Sic Mundus dari ungkapan Sic Mundus Creatus Est itu diambil dua kata depannya saja jadi nama organisasi bagi para “pelancong” atau yang lebih familiar kalian kenal penjelajah waktu atau time traveler.
 

Buat yang belom nonton ada baiknya kalian skip dulu, deh, langsung aja ke Kesimpulan, karena bagian ini dan setelahnya mengandung major spoiler.

 

Organisasi pelancong Sic Mundus ini dipimpin oleh Adam tapi awalnya dirintis oleh HG Tannhaus pada awal abad ke-19 yang percaya akan perjalanan waktu bisa banget diwujudkan. Eh, ternyata emang bisa, malahan pembuatan mesin waktunya dilanjutkan dan  diambil alih oleh Jonas dewasa, Bartosz, Magnus, dan Fransizka remaja.

 

Arti dan Makna Sic Mundus Creatus Est dari Serial Dark Netflix
Anggota organisasi Sic Mundus. Sumber Gambar

 

Apa Makna Sic Mundus Creatus Est di serial Dark Netflix?

Untuk Sic Mundus Creatus Est sendiri lebih ke teka-teki yang dibikin organisasi Sic Mundus. Adam sang pemimpin pengin banget menciptakan dunia baru yang bebas dari batasan waktu bahkan bebas dari yang namanya takdir. Yang si Adam sebut sebagai surga. Jadi, bisa dia sebut dunia baru ciptaannya yaitu Sic Mundus Creatus Est.
 

Ungkapan Sic Mundus dan Sic Mundus Creatus Est sering nongol dan diulang-ulang terus di serial Dark. Yang paling sering, sih, di gua ketika Jonas menemukan pintu untuk akhirnya melakukan time travel ke masa lalu. Tulisan Sic Mundus Creatus Est-nya pun ada di sebuah tablet batu gitu. Tetapi selain itu, masih banyak lagi nongol ungkapan Sic Mundus Creatus est, sebagai contoh di tatonya Noah. Mikkel muda juga melihatnya ketika di Rumah Sakit pada tahun 1986. Ada juga di sampul catatannya Ulrich. Sampe di tatonya Bartosz dewasa di season kedua. Bahkan mungkin masih banyak lagi, deh, yang gue gak ngeh ketika nonton..

 

Tato Noah gambar Tabula Smaragdina yang merupakan sumber ungkapan Sic Mundus Creatus Est.


 

Kesimpulan Singkat tentang Sic Mundus Creatus Est dan Sic Mundus

 

Begitulah penjelasan tentang arti dan makna dari Sic Mundus Creatus Est yang memang dalam kenyataan berhubungan erat dengan sesuatu ketika awal mula terbentuk. Berbeda dengan Sic Mundus di serial Dark yang merupakan nama organisasi yang ada dalam serial tersebut. Sedangkan, Sic Mundus Creatus Est di serial Dark lebih ke merupakan teka-teki yang ada dalam serial Dark tersebut dan harus menonton sendiri supaya bisa menyimpulkan sendiri apa maksud dari ungkapan itu. Serial Dark ini memang sedikit filosofis dan sangat mungkin menimbulkan tafsir yang berbeda dari tiap orang yang menonton.
 

Semoga artikel ini bermanfaat dan pengunjung yang membaca tercerahkan.. terima kasih sudah mampir ke blog ini :)

Author Image

About Fauzy Husni
Mahasiswa psikologi yang hobi nonton, karena memiliki blog bolehlah disebut blogger. Senang bercerita, menulis tentang apa yang sudah ditontonnya dan apa yang sudah dipelajari di dunia fiksi atau dunia nyata.

3 comments: