Friday, April 6, 2018

Partikelir (2018)

0

Ini adalah film debutnya Bang Pandji Pragiwaksono sebagai sutradara dan penulis skenario dalam sejarah karirnya, kalo akting sih beliau udah malang melintang. Ngikutin dua rekan kompatriotnya yang udah duluan, Raditya Dika sama Ernest Prakasa. I can believe this The Founder StandUpIndo Community’s trio now is officially all the director. WOW.



Gak terlalu menuhin ekspektasi saya, sebenarnya. Tapi seperti kata Bang Pandji dalam spesial show komedinya Juru Bicara, yaitu, “Mulai dulu aja lalu bikin yang lebih baik.” Soalnya dulu-dulu beliau sering naikkin ekspektasi gitu di promonya. Iya, Bang Pandji suka mention film buddy cop dan detektif terkenal yang bikin dia terinspirasi kayak film Lethal Weapon, 21 Jumpstreet, terus Hot Fuzz, bahkan Sherlock Holmes, sayangnya kalo mau bandingin sama film-film terkenal tadi kayaknya masih jauh, deh.


Partikelir sendiri bercerita tentang Adri (Pandji Pragiwaksono) dan Jaka (Deva Mahendra) yang berusaha menguak kasus gembong narkoba jenis baru namanya “rantau“. Yang ternyata….


Dari segi komedi banyak yang menghibur, yang bisa dibilang kata saya komedinya Bang Pandji di film berubah jadi absurd. Kalo di stand-up dia itu komedinya realistis. Sepertinya terpengaruh Coki Pardede yang juga bantu garap skripnya, kemungkinan.


Seperti kebanyakan film komedi. Kadang ada penonton ketawa, kadang ada yang enggak, tapi ada juga yang pecah satu bioskop. Berhasil banget kalo diliat dari bikin penonton ketawa, cuman ya keliatan aja kalo ada jokes yang miss. Sayangnya saya lebih banyak suka ketawa gara-gara Deva Mahendra sama Ardith Erwandha ketimbang gara-gara Bang Pandji. Kenapa ya? Apa Bang Pandji ingin memasang persona serius kalo di dunia perfilman? Lucuan filmnya Koh Ernest, tapi santai, stand up Bang Pandji lebih lucu dari Koh Ernest, Bang.


Banyak adegan gokil yang saya rasa belum pernah liat di layar perfilman Indonesia, seperti adegan pembuka kejar-kejaran di atas ribuan Bus TransJakarta. Agak bikin bingung juga di adegan itu kenapa gak milih soundtrack yang keren aja gitu Bang Pandji? Kenapa dipilihnya lagu “woow kamu ketahuan, pacaran lagi dengan dirinya teman baikku woow” kenapa itu?? padahal udah keren sih idenya adegan kejar-kejaran di atas bus transjakarta tapi ya soundtracknya itu, lho..


Transisi film ini saya rasa kurang mengalir. Banyak yang dipaksakan dan harus ada serta melompat-lompat. Film yang bertabur bintang sebenarnya. Deva Mahendra. Lala Karmela yang jadi istri Jaka, ada Kang Epi Kusnandar, ada Jessica Veranda, Shinta Naomi, para stand up komedian yang kondang kayak Gilbhas, Rigen, Awwe, bahkan Tretan Muslim. Sayangnya, porsi tampil Coki sama Muslim sedikit banget. Dan seperti kebingungan berusaha menyatukan semua bintang dalam film yang berdurasi cukup bentar ini.


Segi aksinya juga kurang. Padahal bilangnya komedi aksi, tapi aksinya itu terkesan kurang serius, gitu, lah. Yang digarap serius malahan aksi gitingnya doang. Padahal saya itu berharap pas aksinya serius dan becandanya tuh pas ngobrolnya aja gitu jadi seimbang. Terus, kadar detektif-nya kurang banget, kurang thrilling dan kurang bikin penasaran. Seolah-olah film ini menyangka penonton sudah tahu petunjuk-petunjuknya. Bahkan, harusnya di awal dijelasin apa itu rantau, tapi malah dijelasin baru di tengah-tengah….


Untungnya endingnya bagus. Ada momen dimana saya rasa film ini udah selesai, tapi ternyata masih ada lanjutannya dan ternyata disitulah letak keseruannya.

Author Image

About Fauzy Husni
Mahasiswa psikologi yang hobi nonton, karena memiliki blog bolehlah disebut blogger. Senang bercerita, menulis tentang apa yang sudah ditontonnya dan apa yang sudah dipelajari di dunia fiksi atau dunia nyata.

No comments:

Post a Comment