Friday, July 17, 2020

Ternyata Indonesia Punya Reaktor Nuklir Juga Kayak Winden di Serial Dark Netflix

0
Berawal dari kepo akibat nonton serial Dark di Netflix, gak kalah canggih, ternyata Indonesia punya reaktor nuklir kayak juga yang ada di kota Winden, yang merupakan kota fiksi dari serial Dark tersebut, lho.

Indonesia Punya Reaktor Nuklir yang Mirip Banget Winden di Series Dark
Winden Nuclear Power Plant


Reaktor TRIGA 2000 di Bandung

Reaktor Triga 2000 Kayak Reaktor Winden di Series Dark
Pasti membayangkan seperti ini bentuknya, mirip di serial Dark. Di berita-berita tentang reaktor nuklir di Indonesia memang sering menggunakan ilustrasi gambar seperti ini.


Reaktor TRIGA 2000 Reaktor Nuklir Kayak Winden di Series Dark
Tapi ternyata ini dia penampang asli dari Reaktor TRIGA 2000 dari luar.


Reaktor yang berusia 55 tahun pada Februari, 2020, lalu, merupakan reaktor nuklir pertama di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1965 oleh Presiden Soekarno. Nama sebelumnya adalah Reaktor TRIGA Mark III, kemudian diganti menjadi Reaktor TRIGA 2000 ditetapkan pada 24 Juni 2000 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Peresmian ini dalam rangka proses peningkatan daya reaktor maksimum menjadi 2000 kiloWatt. Awalnya, 250 kW (1965), meningkat menjadi 1000 kW (1971), lalu mulai dinaikkan lagi menjadi 2000 kW (1996).

Bentuk Dalam Reaktor TRIGA 2000
Bentuk dalam Reaktor TRIGA 2000.


Terletak di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Taman Sari, 71, Bandung.

TRIGA merupakan singkatan dari (Training Research Isotope Production by General Atomic). Karena dari namanya saja hanya untuk training research isotope production, reaktor ini tidak dipakai untuk pembangkit listrik tenaga nuklir seperti Winden Nuclear Power Plant. Reaktor tersebut dibangun hanya untuk tujuan penelitian. Khususnya, penelitian di bidang medis yang membutuhkan produksi bahan radioaktif isotop untuk melakukan pemeriksaan anatomi dan morfologis bagian dalam tubuh, hingga mendeteksi digunakan untuk terapi penyakit kanker dan tumor.

Selain itu juga digunakan dalam bidang pertanian untuk Analisis Aktivasi Neutron (AAN) yang berguna untuk menguji sampel bahan makanan. Kabarnya, terdapat 23 varietas padi yang sudah dihasilkan dari teknologi nuklir ini.
Analisis Aktivasi Neutron (AAN) yang bermanfaat dalam melakukan pengujian terhadap sample makanan atau lingkungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Punya 3 Reaktor Nuklir yang Belum Dimanfaatkan Secara Optimal", https://bandung.kompas.com/read/2018/09/07/16043361/indonesia-punya-3-reaktor-nuklir-yang-belum-dimanfaatkan-secara-optimal.
Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Farid Assifa
Analisis Aktivasi Neutron (AAN) yang bermanfaat dalam melakukan pengujian terhadap sample makanan atau lingkungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Punya 3 Reaktor Nuklir yang Belum Dimanfaatkan Secara Optimal", https://bandung.kompas.com/read/2018/09/07/16043361/indonesia-punya-3-reaktor-nuklir-yang-belum-dimanfaatkan-secara-optimal.
Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Farid Assifa


Reaktor Kartini di Sleman

Reaktor nuklir penelitian ini terletak di Sleman, Yogyakarta. Terletak di kawasan Balai Teknologi Atom dan Nuklir di Jalan Jl. Babarsari, Tambak Bayan, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dapat diakses melewati Jalan Solo - Yogyakarta.

Indonesia Punya Reaktor Nuklir Seperti Winden di Dark Netflix
Tidak mirip Winden Nuclear Power Plant karena Reaktor Kartini tipe reaktor kolam.


Reaktor Kartini merupakan reaktor nuklir kedua tertua di Indonesia ini dibangun pada akhir 1974 dan mulai beroperasi pada Januari tahun 1979.

Bentuk Reaktor Kartini memiliki tipe reaktor kolam dengan kapasitas 100 kiloWatt. Reaktor nuklir ini dibangun untuk tujuan penelitian dan pengaplikasian tenaga nuklir tingkat dasar, memproduksi isotop juga tetapi tidak melakukan produksi massal seperti Reaktor TRIGA 2000 di Bandung serta Reaktor Serba Guna G.A Siwabessy di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Hasil penelitian yang sudah populer dihasilkan dari Reaktor Kartini adalah alat yang berfungsi untuk pendeteksi fungsi ginjal yang disebut renogram.

Reaktor Serba Guna G. A. Siwabessy di Serpong


Reaktor Nuklir Serba Guna Siwabessy di Serpong
Reaktor Nuklir Serba Guna Siwabessy di Serpong


Reaktor Serba Guna G. A. Siwabessy merupakan reaktor terbesar dan terbaru di Indonesia yang mulai dibangun sejak tahun 1983, mulai beroperasi pada tahun 1987 hingga pada tahun 1992 akhirnya berhasil mencapai daya maksimum reaktornya yaitu 30 MW atau 30000 kiloWatt.

Nama reaktor ini diambil dari nama Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Nasional tahun 1964 yaitu Prof. Dr. Gerrit. A. Siwabessy.

Terletak di Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pernah membuat gempar karena di daerah Perumahan Batan Indah di sekitar reaktor tersebut ditemukan bahan radioaktif Caesium-137 yang diduga dari reaktor tersebut, ternyata setelah diteliti ternyata bukan berasal dari reaktor karena jika terdapat paparan dari reaktor tidak akan terlokalisasi dan paparan akan mengikuti arah angin. Reaktor ini dipastikan masih aman dan normal. Menurut situs resmi BATAN, reaktor ini menggunakan proses pengamanan berlapis guna meminimalisir dampak negatif untuk manusia dan lingkungan di sekitarnya.

Reaktor Serba Guna G. A. Siwabessy ini didesain dan dibangun oleh perusahaan Interatom GMBH dari Jerman (pada waktu itu masih berbentuk Jerman Barat atau Republik Federasi Jerman) pada operasional sehari-harinya, saat ini, reaktor ini hanya menggunakan kapasitas 15 MW dengan alasan efisiensi. Sama seperti Reaktor TRIGA 2000 yang melakukan produksi massal isotop untuk keperluan medis dan industri, Reaktor Serba Guna G. A. Siwabessy merupakan reaktor penelitian untuk pengembangan teknologi nuklir.

Indonesia patut bangga karena reaktor ini merupakan reaktor nuklir terbesar di ASEAN. Namun, Indonesia sendiri masih belum menggunakan reaktor nuklir untuk pembangkit tenaga listrik seperti Winden Nuclear Power Plant di serial Dark. Ada beberapa alasan Indonesia belum berani menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir seperti seringnya terjadi gempa serta ketakutan akan sulitnya mengolah limbah dari nuklir yang susah hancur.

Anyway, walaupun di serial Dark yang berlatar kota Winden terletak di negara Jerman tetapi kota tersebut hanya kota fiksi. Negara Jerman kenyataannya ingin tidak lagi menggunakan tenaga listrik dari nuklir dan menutup PLTN yang ada di Jerman secara bertahap. Targetnya tahun 2022 tidak ada lagi PLTN yang beroperasi di sana.

Jangan lupa menonton serial Dark di Netflix karena selain berhubungan dengan nuklir, serial ini juga bercerita tentang perjalanan waktu yang seru karena dibalut dalam kemasan misteri. Yang sebenarnya membuat pusing karena perjalanan waktu mengharuskan mengingat berbagai timeline waktu, serta banyak wajah tokoh dalam waktu yang berbeda, tetapi selalu bikin penasaran dengan teori-teorinya untuk menemukan jawaban atas apa yang sebenarnya terjadi di kota fiksi Winden ini.
Author Image

About Fauzy Husni
Mahasiswa psikologi yang hobi nonton, karena memiliki blog bolehlah disebut blogger. Senang bercerita, menulis tentang apa yang sudah ditontonnya dan apa yang sudah dipelajari di dunia fiksi atau dunia nyata.

No comments:

Post a Comment