Saturday, March 3, 2018

Danur (2018)

0

Sebetulnya diangkat dari buku yang berdasar kisah nyata lho, ditulis sama Risa Sarasvathy, yang juga jadi tokoh utama di film ini tapi diperankan oleh Prilly Latuconsina, judul bukunya Gerbang Dialog Danur.




Tapi saya belum baca, hehe, kita bahas filmnya aja ya, yang kebetulan adik saya punya film ini di laptopnya, jadi weh kita nonton bareng.


Kek yang saya bilang tadi, film ini tentang Risa (Prilly Latuconsina) yang masa kecilnya suram. Keluarganya cuma ada ibunya doang (Kinaryosih). Keluarga kaya, rumahnya gede. Tapi ibunya Risa sibuk terus sama kerjaannya. Di rumahnya ada sih pembantu, tapi ya jalma kolot  (Bahasa Sunda: Orang tua), namanya teh Mang Ujang, gatau dia pendukung Manchester United apa bukan, bisa jadi sih kan namanya Mang Ujang.


Suram lah pas ulang tahunnya si Risa yang ke delapan ngerayainnya ultah sendirian doang. Karena kesepiannya dia pas tiup lilin make a wish-nya pengin punya temen. Kasihan banget bruh.


Ajaibnya, langsung dikabulin permintaannya, dikasih temen sama Tuhan, tapi teman dalam wujud syaiton. SETAN!!


Ya, si Risa terima-terima aja alhamdulillah itu juga akhirnya punya teman.


Awal-awal mah itu temen teh tidak ketahuan syaiton, wujudnya tiga anak kecil lucu, gitu, katanya mah anak-anak keturunan Belanda. Tapi akhirnya ketahuan itu syaiton setelah ibunya sama Mang Ujang ngeliat si Risa teh kok suka ngomong sendiri. Terus dipanggilah psikolog untuk mendiagnosis Risa. Dikira ada gejala psikotik atau apa, tapi da bukan.


Psikolognya langsung lari ketakutan sambil angkat tanggung jawab.


Terus Ibunya manggil juga “orang pinter”. Bukan, bukan orang yang ranking satu di sekolah, tapi DUKS gitu alias DUKUN, si dukun itu ke rumah Risa bawa tasbih. Yang katanya si Risa itu waktu lahir tulang rusuknya renggang, jadi bisa nyium bau danur, atau bau air mayat, makanya bisa ngeliat syaiton tapi bukan wujud asli. Sama dukunnya dibuka matanya, mata Risa diusap sama di dukun trus disuruh ngeliat lagi tiga orang temannya itu yang lucu, eh, si Risa teriak ketakutan.


WUJUD ASLI SYAITONNYA BARU KELIATAN!!


Itu awal filmnya, doang. Konfliknya bukan disitu, tapi pas Risa udah punya adik (Sandrinna Michelle) dan pindah ke rumah neneknya (Inggrid Widjanarko). Disuruh ngejagain neneknya yang lagi sakit-sakitan. Banyak kejadian aneh yang disebabkan oleh adiknya si Risa ini, bruh.


Saya itu bukan orang yang suka nonton film horror, tapi cukup sering nonton youtuber gaming mainin walkthrough game horror sama ngereact sesuatu yang horror. Nonton reza arap oktovian gamers ganteng idaman main Little Nightmares sampe tamat berapa episode saya lupa, nontonin qorygore the best channel evah nge-reaction chat history-nya annie96, kadang juga nonton malam jumatnya ewing hd.


Semua pembahasan tadi di atas tidak ada hubungannya dengan film ini.


Ketahuan deh gabutnya hidup saya kerjaannya nontonin youtubers..


By the way, nonton ini ada easter egg-nya Pengabdi Setan. Danur sama Pengabdi Setan karya Joko Anwar termasuk film horror yang paling laris, tembus sampe satu juta penonton lebih, dua juta malahan. Yap, Neneknya Risa yang sakit mirip banget sama si ibu yang di Pengabdi Setan. Pake baju putih. Rambutnya panjang. Lagi sakit dan kalo manggil orang pake lonceng.


Bukan cuma di film Danur ini, easter-egg ibunya Pengabdi Setan itu di film yowis ben juga ada, ini juga apa hubungannya.. Seriusan deh.. fyi.


Oh, iya, terus sisir. Ada hubungannya sama sisir. Sisir itu benda yang sakral di film Danur ini sama Pengabdi Setan.. Ini baru berhubungan.. serius deh.. hati-hati sama sisir.. apalagi yang rambutnya sering rontok…


Yang bikin film ini serem bukan setannya, bukan pula lagunya yang “abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka” tapi ketika liat wajah Shareefa Danish yang memerankan Asih. Ceritanya si Asih ini yang ngelamar jadi pembantu buat ngerawat si nenek. Wajahnya aja sudah seram, gak perlu didandanin jadi wujud horror atau wujud setan bercak darah, dia pas lagi wujud yang nampak kayak manusia biasa aja udah yang paling serem di film ini.


Malahan yang bikin gregetannya adalah sama ibunya si Risa ini, lho, so sibuk banget gitu sama kerjaannya, sampe anak-anak gak keurus. Anaknya dibiarin main sendirian. Sendirian. Sendirian. Sendirian..


Jadi inget Squidward di film Spongebob..


Yakali gitu, kalo udah gede kayak saya gak apa-apa main sendirian, gak apa-apa biar bisa mencari jati diri gitu, ini mah masih SD, masih butuh bimbingan orang tua.


Udah mah rumahnya teh di deket hutan, banyak pohon-pohon beringin yang gede banget. Kayak gak ada peradaban atau anak-anak yang lain. Kalo saya sih pindah ke kompleks yang agak ramean dikit gitu biar gak kesepian, jadi aja mainnya teh sama syaiton si Risa-nya. Tapi keuntungannya gara-gara itu pula teh Risa nya jadi bisa bikin buku terus bahkan di film kan… tapi, kan, kalo dari sisi parenting alias cara mengasuh anak ini tuh udah parah, walaupun ya mentalnya gak terganggu tapi kan ya si anak jadi tidak merasakan kehangatan layaknya anak-anak lain, gitu..


Ya, kejadian Teh Risa Sarasvaty yang sukses memanfaatkan kehorrorran hidupnya itu ya mungkin hanya terjadi pada beberapa orang, kayak sekarang yang lagi agak ngehits itu youtuber yang anak indigo, si Filo, katanya bisa liat syaiton. Ya, kejadian sukses yang kayak begini ya terjadi pastinya hanya sedikit. Pasti ada banyak anak lain yang kebanyakan gagal juga kan untuk memanfaatkan hidupnya yang horror, kan kasian. Udah mah masa kecilnya teh kurang kasih sayang orang tua sampe-sampe merasakan kehangatannya teh minta dari makhluk dari alam lain. Merasakan kehangatan sambil merinding kan rasanya aneh bro. Saya sih salut gitu sama syaiton yang mau nemenin si anak gitu bermain-main di perosotan, di ayunan, petak umpet. Mungkin ini bisa menjadi ajang silaturahim juga kali, ya.


“Ajang silaturahim pala lu peyang..” netizen kesal

 

Author Image

About Fauzy Husni
Mahasiswa psikologi yang hobi nonton, karena memiliki blog bolehlah disebut blogger. Senang bercerita, menulis tentang apa yang sudah ditontonnya dan apa yang sudah dipelajari di dunia fiksi atau dunia nyata.

No comments:

Post a Comment